Thursday, October 29, 2020

Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia

Seperti yang sudah kita ketahui, Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam suku bangsa yang mempunyai bahasa masing-masing yang khas disetiap daerahnya. Ketika berbagai suku tersebut saling berinteraksi sebagai warga negara Indonesia, bahasa Indonesia digunakan sebagai sarana untuk saling berkomunikasi. Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional yang digunakan oleh warga negara Indonesia. Bahasa Indonesia bisa disebut juga bahasa persatuan warga negara Indonesia. 

Bahasa indonesia berasal dari bahasa Melayu. Bahasa Indonesia tumbuh dan berkembang dari bahasa Melayu yang sudah dipergunakan sebagai bahasa penghubung bukan hanya di kepulauan nusantara saja, melainkan hampir diseluruh Asia Tenggara. Bahasa melayu mulai digunakan di Asia Tenggara pada abad ke-7. Hal itu dibuktikan dengan ditemukannya berbagai prasasti yang bertuliskan huruf Pranagari berbahasa Melayu kuna. Pada zaman Sriwijaya, bahasa Melayu digunakan sebagai bahasa penghubung antarsuku di Nusantara dan sebagai bahasa perdagangan baik pedagang antar suku di Nusantara maupun pedagang yang datang dari luar Nusantara. Bahasa Melayu menyebar dipelosok Nusantara bersamaan dengan menyebarnya agama Islam di wilayah Nusantara. 

Bahasa Indonesia dilahirkan dan diresmikan pada tanggal 28 oktober 1928. Pada saat itu, para pemuda dari berbagai pelosok Nusantara berkumpul dalam suatu rapat dan berikrar : 
1. Bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia 
2. Berbangsa yang satu, bangsa Indonesia 
3. Menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia 

Ikrar para pemuda ini dikenal dengan nama Sumpah Pemuda. Unsur dari Sumpah Pemuda yang ketiga adalah pernyataan tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia lalu dinyatakan kedudukannya sebagai bahasa negara pada tanggal 18 Agustus 1945. Karena pada saat itu Undang-Undang Dasar 1945 disahkan sebagai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 36 disebutkan bahwa bahasa negara ialah Bahasa Indonesia. 

Presentasi Online Materi : Kalimat Efektif

Berikut  video  ini kami buat untuk memenuhi salah satu  tugas  B. Indonesia yaitu : mempresentasikan materi mengenai kalimat efektif, terim...